Minggu, 30 Agustus 2009

Sebuah Kutipan dari Vers Une Architecture

Le Corbusier dikenal pernah menyatakan bahwa rumah adalah sebuah alat untuk hidup (un machine d’habiter). Dalam bukunya yang terbit di dekade 1920an, Vers Une Architecture (Menuju Suatu Arsitektur/Towards a New Architecture) Le Corbusier menyatakan bahwa arsitek patut belajar dari mesin-mesin hasil teknologi, terutama dalam hal standardisasi berdasarkan penyelesaian masalah yang jelas. Ia mengatakan bahwa arsitektur harus melihat kebutuhan masa kini, dan mencoba untuk memenuhi kebutuhan masa kini tersebut. Berdasarkan itulah standardisasi dilakukan. Berikut adalah kutipan pendek dari tulisan Le Corbusier.

Ada satu dan hanya satu profesi, yakni arsitektur, yang menganggap kemajuan sebagai hal yang tidak dibutuhkan, yang mana kemalasan ditempatkan di tahta, dan selalu mengacu pada hari kemarin.......

........Mari memandang segalanya dari sudut arsitektur, tetapi sambil menggunakan pola pikir pencipta pesawat terbang.

Pelajaran dari pesawat terbang bukan tentang bentuknya, dan kita terutama harus paham bahwa pesawat terbang bukanlah burung atau capung, tetapi sebuah alat [un machine] untuk terbang; pelajaran dari pesawat terbang terletak pada logika yang mengatur pemecahan permasalahan dan membawanya ke realisasi yang berhasil. Bila permasalahan dinyatakan secara jelas, di jaman kita, tentu akan ditemukan solusinya.

Permasalahan yang berhubungan dengan rumah belum dinyatakan.

(diterjemahkan secara bebas oleh M. N. Widyarta, dari “Towards a New Architecture,” dikutip dari buku ”Le Corbusier, Architect, Painter, Poet” oleh Jean Jenger, Thames and Hudson, London, 1996, halaman 124-125).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar